Review Samsung Gear S3

samsung gear s3

Samsung Gear S3 Indonesia

Review Samsung Gear S3 – Samsung gear S3 merupakan smartwatch atau jam tangan pintar generasi ke 3 yang dirilis oleh samsung, yang memiliki banyak fitur menarik serta memiliki keunggulan dalam melakukan beragam aktivitas outdoor.

samsung gear s3 memiliki ukuran 46 x 49 x 12,9 mm, sehingga akan terlihat sedikit lebih besar jika digunakan di tangan wanita, dengan berat sekitar 62 gram untuk varian frontier, sehingga akan terasa lebih berat pada saat dipakai namun tetap nyaman digunakan.

Salah satu hal yang membuat Gear S3 ini menarik adalah bezel yang mengelilingi layar utamanya yang dapat diputar ke kiri dan ke kanan secara mulus sebagai pengoperasian smartwatch, tetapi tentu saja pengguna juga tetap bisa mengoperasikannya dengan menekan atau menyentuh layar. Selain bezel yang bisa diputar, Samsung Gear S3 juga dilengkapi dengan dua tombol utama yang berada di sisi kanan layar

di mana tombol atas merupakan tombol “Back” dan tombol yang di bawah adalah tombol “Home” atau untuk membuka aplikasi keseluruhan yang terdapat dari smartwatch. Kedua varian Gear S3 ini memiliki strap utama berukuran 22mm, yang bisa diganti atau kustomisasi sesuka hati penggunanya. Pilihan warna dan jenis strap ini sendiri dikatakan sudah tersedia juga untuk dibeli oleh pengguna Gear S3.

Layar utama Full Color dan menggunakan display Super AMOLED dan berlapis Corning Gorilla Glass ini bisa dibilang sangat nyaman untuk dioperasikan maupn untuk dilihat dalam kondisi pencahayaan terang di luar tengah matahari sekalipun. Layar masih bisa terbaca dengan jelas saat tim menggunakan di ruang terbuka dengan sinar matahari yang cukup terang.

Selama kegiatan, kami menjajal smartwatch ini sembari mengikuti aktivitas olahraga seperti berlari, bersepeda, rafting hingga golf. Selama beraktivitas tersebut, salah satu aplikasi yang paling sering digunakan adalah aplikasi S Health. Aplikasi yang merupakan aplikasi bawaan Samsung untuk perangkat wearable miliknya tersebut memiliki fungsi layaknya sebuah tracking fitness, dengan beragam jenis fitur lainnya seperti tracking langkah, kalori yang terbakar, barometer, detak jantung, hingga tingkat stres dan SpO2.

Yang cukup menarik, selama menggunakan S Health untuk melakukan tracking olahraga yang dilakukan, aplikasi juga memiliki opsi untuk memberikan “trainer pribadi” di mana nantinya aplikasi akan memberikan pengarahan apa yang harus dilakukan oleh si penggunanya, seperti memberi tahu agar kecepatan lari ditingkatkan atau diturunkan, atau berapa lama waktu atau jarak yang sudah ditempuh. Semua pengarahan tersebut bisa didengarkan langsung pada smartwatch berkat fungsi built-in speaker yang terdapat pada Gear S3.

Sertifikasi IP68 juga menjadi keunggulan dari Gear S3 ini. Untuk membuktikan ketangguhan tahan air dan debu dari smartwatch tersebut, olahraga rafting pun dilaksanakan karena pastinya olahraga ini bakal membuat para pesertanya basah karena cipratan air selama berlangsung. Dari hasilnya, Gear S3 yang digunakan oleh para peserta tidak ada satupun yang mati walau terciprat air atau ketika para peserta jatuh dari perahunya.

Sertifikasi IP68 ini sendiri memang membuat Gear S3 bisa bertahan di dalam air kedalaman 1,5 meter selama durasi beberapa menit. Samsung sendiri telah mendesain smartwatch ini sedemikian rupa untuk mengikuti standar militer MIL-STD-810G, sehingga penggunanya bahkan bisa tetap memakai Gear S3 sembari mencuci tangan atau mandi.

Fitur lainnya yang juga digunakan selama aktivitas workshop ini adalah fitur SOS. Sesuai dengan namanya, fitur ini difungsikan untuk mengirimkan sinyal peringatan bahaya dari si pengguna kepada orang lain. Fungsi ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol Home pada smartwatch sebanyak 3 kali, dan smartwatch pun akan mulai mengirimkan pesan singkat, menelepon, hingga mengirimkan koordinat peta lokasi di pengguna smartwatch yang membutuhkan bantuan.

Ketika mengirimkan sinyal untuk meminta bala bantuan tersebut, fitur ini bisa menampung hingga 4 buah nomor berbeda dan pesan SOS bisa dikirimkan secara serentak langsung ke 4 nomor yang telah disimpan tersebut. Panggilan telepon pun juga bisa langsung didengar bahkan dibalas melalui smartwatch yang sama tanpa harus mengeluarkan smartphone yang telah terhubung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *