Review gadget oppo f5

gadget oppo f5

Hp Oppo F5 Indonesia

Review oppo f5 – smartphone oppo f5 resmi dirilis pada 13 november 2017 silam secara resmi oleh oppo mobile, sekaligus menjadi salah satu hal yang menggembirakan bagi oppo, karena telah berhasil meluncurkan smartphone dengan layar penuh pertama di indonesia.

selain itu, 45 juga telah dibekali dengan kamera depan yang telah dipasangi dengan teknologi A.I atau kecerdasan buatan Beauty Recognition.

engan hadirnya teknologi ini memungkinkan kamera depannya dapat mengambil foto selfie atau wefie dengan pintar sehingga wajahnya menjadi mulus dan cerah. Bahkan OPPO sendiri mengklaim bahwa OPPO F5 dapat membedakan wajah pria maupun wanita sehingga dapat memberikan efek beauty sesuai jenis kelamin.

Menariknya, saya berkesempatan untuk melakukan review terhadap OPPO F5 dengan RAM 4 GB selama beberapa minggu. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan spesifikasi hardware, fitur, kelebihan, dan kelemahan dari smartphone ini maka dapat melihat pada artikel review berikut ini.

Smartphone ini memiliki desain yang berbeda dibandingkan keluarga F atau Selfie Expert generasi sebelumnya karena memiliki layar 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel) dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya sehingga secara tidak langsung terpaksa menghilangkan tombol fisik home di bagian depannya.

Hal ini pun berimbas pada sensor fingerprint berada di bagian belakangnya. Selain itu, layar penuh di bagian depan pun memberikan efek terasa lebih panjang dibandingkan smartphone dengan layar 6 inci pada umumnya.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan, OPPO pun telah melindungi layarnya dengan kaca anti gores Coring Gorilla Glass 5. Bahkan pada paket penjualannya pun OPPO telah memasang anti gores dan casing belakang tambahan untuk melindunginya dari benturan.

Sementara port jack audio 3,5mm, speaker, dan port microUSB terdapat pada bagian bawahnya . Untuk tombol volume berada di sebelah kiri dan tombol power berada di sebelah kanan. Meskipun terpisah, namun saya masih bisa melakukan kombinasi screenshot dengan hanya menggunakan satu tangan.

Selain layarnya yang memenuhi bagian depan, kamera depan smartphone ini pun menjadi nilai tambah dari OPPO F5. Hal ini terlihat dengan hadirnya kamera depan beresolusi 20 MP ditambah aperture f/2.0 dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (A.I) Beauty Recognition yang mampu secara pintar menentukan foto selfie atau wefie dengan hasil terbaik.

Meskipun hanya memiliki satu kamera depan, namun OPPO F5 juga mampu menghasilkan foto selfie berefek bokeh (background blur) dengan instan dan mudah. Seperti biasanya OPPO F5 menawarkan beberapa fitur pada kamera depannya, seperti foto biasa, beauty, efek bokeh, filter, panorama, time-lapse, dan video.

Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/1.8, Phase Detection Autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bagus. Untuk fitur yang tersedia pada kamera belakangnya terdiri dari , foto biasa, beauty, panorama, time-lapse, video, dan expert (manual).

Meskipun bukan yang terbaik, namun bisa dibilang kamera depan dan belakang dari OPPO F5 dapat menghasilkan foto yang menarik. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan foto dari kedua kamera smartphone ini maka dapat melihat hasilnya sebagai berikut ini :

OPPO F5 yang saya review dibekali dengan chipset MediaTek Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Dengan kombinasi ini pihak OPPO mengklaim bahwa smartphone buatannya ini mampu menjalankan game berat sekalipun.

Selanjutnya, saya menjalankan aplikasi secara multitasking dan hasilnya bisa dibilang dapat berjalan dengan lancar serta mulus. Sementara itu, untuk uji coba game saya memainkan Need For Speed No Limits, Mobile Legends, Arena of Valor, Yu-Gi-Oh Duel Links, Sonic Forces, dan Dynasty Warrior.

Bisa dibilang performanya cukup menarik karena bisa menjalankan semua game tersebut dengan lancar. Sementara itu, OPPO F5 dapat menjalankan game Arena of Valor dengan fps yang tinggi berkat kerja sama OPPO dengan Garena dalam game Arena of Valor.

Dalam pengujian AnTuTu benchmark pun, OPPO F5 berhasil mendapatkan skor yang mencapai 68.278 poin. Bisa dibilang hasil skor ini merupakan standar smartphone dari kelas mid-end yang hadir di tahun 2017 silam. Sensor Gyroscope juga turut dihadirkan dalam smartphone ini sehingga dapat mendukung video, game, maupun konten yang dengan perangkat virtual reality (VR).

OPPO F5 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh yang diklaim oleh pihak OPPO dapat bertahan dengan lama. Untuk membuktikan klaim tersebut, saya menguji OPPO F5 untuk penggunaan sehari-hari dalam menjalankan berbagai kegiatan, seperti chat, browsing, bermain game sesekali, telepon, SMS, dan membuka media sosial.

Berdasarkan pengujian tersebut, OPPO F5 mampu bertahan selama 7 jam 12 menit dari kondisi 100% ke titik kritis 15%. Sebagai catatan, saya menggunakan satu kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE sehingga hasilnya akan berbeda apabila menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Sayangnya OPPO F5 tidak dibekali dengan fitur pengisian daya baterai cepat VOOC Flash Charging sehingga saya perlu menunggu hingga 2 jam mulai dari kondisi 0 hingga 100%. Meskipun begitu, daya tahan baterai dari smartphone ini cukup baik untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Tidak seperti iPhone X yang mengorbankan sensor fingerprint karena layarnya memenuhi bagian depan, OPPO F5 ini dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakangnya. Menurut saya pribadi, fingerprint yang dimiliki oleh smartphone ini cepat dalam merespon sidik jari sehingga memudahkan dalam membuka kunci smartphone dengan cepat.

Selain itu, bisa dibilang sensor fingerprint masih populer digunakan oleh berbagai smartphone karena rata-rata orang sudah merasa nyaman membuka kunci dengan menggunakan sensor ini. Bahkan ketika dalam keadaan layar istirahat pun kunci smartphone dapat langsung terbuka.

Sebagai alternatif dari sensor fingerprint, OPPO telah menyematkan fitur Face Unlocking untuk membuka kunci smartphone pada OPPO F5. Cara kerja sendiri cukup mudah, dimana saya hanya perlu menghadapkan wajah di depan smartphone. Bisa dibilang fitur Face Unlocking dalam smartphone ini cepat dalam merespon wajah.

ColorOS yang hadir dalam OPPO F5 telah mencapai versi 3.2 sehingga berbasiskan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat. OPPO telah menghadirkan berbagai fitur menarik pada sistem operasi terbarunya, seperti Split-Screen, Clone Apps, Game Acceleration, Gesture & Motion, Night Shiled, O-Share, dan masih banyak lagi.

Split-Screen memungkinkan saya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Sementara Clone Apps memungkinkan saya dapat menggunakan dua akun dalam aplikasi media sosial, seperti WhatsApp, LINE, BBM, Facebook, dan lainnya karena satu aplikasi akan menjadi dua.

Kemudian, Gesture & Motion memungkinkan saya dapat menjalankan beberapa fungsi atau aplikasi dengan menggunakan gesture tertentu. Selain itu, Night Shield dapat melindungi penggunanya dari radiasi sinar biru yang dapat merusak mata.

Seperti layaknya menggunakan aplikasi ShareIT atau Send Anywhere, OPPO telah menyematkan fitur O-Share pada OPPO F5 yang memungkinkan saya dapat dengan cepat melakukan transfer data antar smartphone dengan menggunakan jaringan WiFi Direct yang 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth.

ampir mirip dengan beberapa smartphone F atau Selfie Expert generasi sebelumnya, OPPO F5 juga dibekali dengan kemampuan untuk mengambil screenshot dengan menggunakan 3 jari. Untuk cara kerjanya, penggunanya cukup melakukan swipe 3 jari pada layar dari atas ke bawah. Apabila layar berkedip dan suara shutter terdengar maka secara otomatis screenshot akan dilakukan dan hasilnya akan muncul di menu notifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *